jejakaki

9 Tempat Wisata yang Wajib Dikunjungi di Dubai #jejakakifranky.com

     Keren!! Gilak!! Itulah kesan yang saya rasakan begitu menginjakkan kaki di Dubai, Uni Emirat Arab. Tata kotanya itu sangat rapi, bersih, tertata, dan sangat modern. Pastinya kita tidak akan papasan sama angkot selama disini, hahaha. Sebuah kawasan yang beberapa puluh tahun lalu masih berupa gurun pasir kini telah bertransformasi menjadi megapolitan, surga dunia bagi mereka yang berduit. Apa saja yang diinginkan, tersedia disini.Negara ini memang bisa membawa pengalaman liburan kita ke level selanjutnya. Mantep banget dah!

  Dubai adalah salah satu kota dari Uni Emirat Arab yang hampir 80% lebih penduduknya adalah para pendatang beragam suku dan ras. Sehingga disinipun kita tidak akan begitu merasa asing, karena  cukup sering saya jumpai warga Filipina atau orang Indonesia yang lalu-lalang di area Mall dan lokasi-lokasi wisata, baik yang jadi turis atau lagi menemani majikan mereka dan mereka yang lagi menjaga toko-toko (SPG).

     Bagi Saya ada 10 tempat wisata di Dubai yang harus di kunjungi kalau kalian punya rencana datang liburan kesini.

  1. BURJ KHALIFA

     Gedung ini masih memegang rekor dengan predikat sebagai gedung tertinggi di dunia.  Berlokasi di Dubai Downtown, gedung ini menjadi landmark utama kebanggaan Dubai. Gedung ini mulai dibagun sejak tahun 2004 dan pencetusnya adalah Sheikh Mohammed bin Rashid Al Maktoum. Di tengah pembangunan gedung 6 ini sempat mengalami krisis, yaitu sekitar tahun 2007, pada saat itu nama gedung ini adaah Burj Dubai. Namun akhirnya diresmikan pada tanggal 4 Januari 2010 dengan nama Burj Khalifa.

     Burj Khalifa adalah sebuah bangunan yang memiliki nilai sejarah dan budaya, terlihat dari arsitektur-arsitektur yang berasal dari pola sistem yang terkandung dalam arsitektur Islam. Menara ini juga memiliki nilai keindahan karena dikelilingi oleh sungai dan danau buatan serta meraih rekor-rekor dunia yang membawa banyak wisatawan untuk berkunjung ke Kota Dubai ini. Ketinggian Burj Khalifa yang mencapai 828 meter ini mempunyai 164 lantai dengan dua lantai bawah tanah. Gilak, tingginya hampir satu kilometer!!

      Selain menjadi gedung perkantoran, Burj Khalifa juga menjadi hotel dan apartemen, yang mempunyai daya tampung hingga 900 orang. Pengunjung bisa naik sampai ke dek observasi di lantai 124 untuk melihat landscape Dubai, bahkan pemandangan Uni Emirat Arab dari ketinggian jika cuacanya lagi cerah. Cuma Sayang berhubung saya ikut tour, saya tidak sempat naik keatas gedung pencakar langit ini. Pada malam hari, di taman Burj Khalifa biasanya ada pertunjukan air mancur yang sangat atraktif.

 Burj Khalifa, Dubai || jejak kaki franky

Ini adalah penampakan view dari depan Burj Khalifa

  1. BURJ AL ARAB

     Hotel bintang 7 ini berada di kawasan beachfront Dubai. Dinobatkan sebagai satu-satunya hotel bintang 7 di dunia. (Bintang 5 aja udah keren banget, gimana bintang 7 ya? haha). Tidak sembarangan orang pastinya yang bisa masuk ke hotel ini, hanya untuk tamu yang sudah reservasi saja. Bagi yang ingin merasakan kenikmatan dan kemewahan hotel di Burj Al Arab ini, siap-siap saja merogoh kocek 5.300an dirham atau sekitar Rp. 19.000.000,- per malam. Beuh…ya, sudah…lupakan, jadikan spot selfie saja, orang-orang juga pahamlah kl saya gak akan mampu kkkk..

Image result for burj al arab
sumber : jumeirah.com
  1. PALM JUMEIRAH

      Pulau buatan di teluk Persia ini merupakan hasil reklamasi looh. Bila dilihat dari ketinggian penampakannya berbentuk menyerupai pohon palem. Terdapat banyak sekali hotel-hotel mewah, resorts, villa dan apartemen disini. Diantaranya Fairmont Hotel, Atlantis, Ocana, Rixos, dll. Tapi suasananya relatif lebih sepi jika dibandingkan dengan downtown, mungkin karena penduduknya tidak seramai Jakarta atau karena kemahalan kali ya..entahlah saya juga kurang ngerti haha. Yang jelas saat saya berkeliling dengan tour travel saya, terasa banget ini area mewah, saya juga pernah melihat hal yang sama saat di area Cornice (the Pearl) Abu Dhabi.

palm jumeirah.jpg
karena foto hasil foto saya jelek, saya ambil foto yang kerenan dari http://www.thenational.ae
  1. DUBAI MUSEUM

     Sebuah benteng kuno bernama Al Fahidi fort, disulap menjadi museum yang atraktif oleh pemerintah Dubai. Di museum ini kita disuguhkan diorama sejarah peradaban dan perkembangan Dubai. Cukup dengan membeli tiket seharga 3 dirham saja, kita bisa masuk Dubai Museum.

dubai museum

  1. DESERT SAFARI

     Saat Liburan Di Dubai, wisata padang pasir inilah yang paling berkesan  bagi saya. Karena bagi saya tanah Arab itu identik dengan Gurun padang Pasir, pasti seru banget kalau dijelajahi dengan mobil apalagi bersama istri tercinta,hehe.. Karena ini bagian favorit saya, maka saya akan ulas lumayan detil ya.

Sebagai catatan, Wisata Desert Safari tidak diperbolehkan untuk anak-anak dibawah 3 tahun dan orang yang jantungnya lemah ya.

Berapa Biayanya?

     Jika kamu tertarik dengan Desert Safari Dubai maka kamu tinggal menghubungi agen tour untuk Desert Safari. Dengan bantuan “mbah” google, kamu bisa mengetahui dengan cepat kok agen tour yang terdekat dari penginapanmu dan sekaligus bisa membandingkan harga dengan agen tour yang lain.

     Sedangkan Untuk biaya/tarif Desert Safari tergantung agen tour nya. Tetapi rata-rata Aed 100 per orang untuk paket dari pagi sampai malam. Ada juga paket pagi selama 4 jam atau semalaman.

Apa saja yang bisa dilakukan di Desert Safari?

      Pada wisata Desert Safari ini, Sebelum menuju lokasi, kamu pasti akan di jemput di titik temu, kalau saya di jemput langsung ke depan hotel waktu itu. Biasanya satu mobil isinya bisa 6-7 orang. Sopirnya langsung merangkap sebagai pemandu wisata Desert Safari ini. Jangan salah. Mereka adalah orang-orang yang sudah terlatih dan sangat berpengalaman menghadapi medan sulit yang kita lalui.

1. Mengunjungi peternakan Onta di padang pasir

    Hal pertama yang bisa dilakukan dalam Desert Safari adalah mengunjungi peternakan onta yang berada di padang pasir. Disana kamu dan rombongan lainnya berkesempatan untuk memberi makan onta-onta yang ada di peternakan. kita juga bisa  berphoto ria disini.

2. Dune Bashing, sebuah petualangan yang memicu adrenalin

     Selanjutnya, perjalanan akan berlanjut menuju ke bukit padang pasir untuk dune bashing, sebuah petualangan yang penuh emosi dan memicu adrenalin. Disinilah petualangan sesungguhnya di mulai. Dune Bashing ini adalah bagian yang paling menarik dari Desert Safari di Dubai. Kamu akan berkendara di padang pasir sambil berkonvoi dengan mobil-mobil yang lain. Kalian bisa cek keseruan Dune Bashing di sini

     Sopir akan memanuver mobil sedemikian rupa. Menaiki bukit padang pasir lalu turun secara curam. Berputar-putar terus demikian. Hingga kamu mungkin harus berteriak menahan ketegangannya.

    Jendela mobil wajib tertutup rapat dan kamu harus memakai sabuk pengaman. Setelah kurang lebih setengah jam, kita akan diajak ke suatu titik di padang pasir untuk bisa berphoto atau sekedar jalan-jalan di area sekitar.

20161212_171702
Cukup penampakan kaki saya dan Istri saja ya. || http://www.jejakakifranky.com

3. Makan minum di tenda khas arab

      Setelah itu melanjutkan perjalanan kita akan ke titik terakhir. Disana ada tenda-tenda khas arab mengelilingi panggung yang terdapat di tengah-tengahnya. Ada onta yang bisa kamu naiki jika menginginkannya. kamu bisa menikmati makanan dan minuman sepuasnya.

1. Henna Painting

    Di kompleks tenda ini kamu bisa menikmati Henna Painting, lukisan di tubuh (body painting).

2. Sulap dan tarian Arab

     Jika kamu mengambil overnight Desert Safari/ tour semalaman maka di malam hari akan ada pertunjukan seperti sulap dan juga tarian oleh penari arab.

Nah inilah Pengalaman yang sangat luar biasa bagi saya, dan layak kamu coba!

20161212_190116.jpg
Foto saat kami menyaksikan penari sambil menikmati hidangan makan malam. http://www.jejakakifranky.com

     

 6. DUBAI MARINA

    Sebenarnya Dubai Marina merupakan sebuah kawasan pemukiman yang padat dengan hotel, apartemen dan mall. Disnilah biasanya ratusan yacht bersandar. Kalau ingin naik Dhow Cruise, atau berlayar sambil makan malamn dengan kapal arab model kuno, juga dari sini. Kompleks satu dan lainnya dihubungkan dengan trem. Kece!

   

Dubai marina
Dubai Marina. http://www.jejakakifranky.com

       7. DEIRA CITY CENTER

Semacam kota satelitnya Dubai Downtown. Bisa dijangkau dengan Metro. Apa yang menarik disini? Pasar rempah-rempah atau orang lokal menyebutnya spice souq dan daerah yang menjual aneka barang & souvenir dengan harga lebih murah jika dibandingkan dengan di tengah kota Dubai. Nah hotel saya berada di area Deira ini, yaitu hotel Fortune Grand Hotel.

deira city centre, jejak kaki franky
Deira City Centre. http://www.jejakakifranky.com

     

8. DUBAI MALL

     Kalau kamu mampir kesini bareng keluarga atau sahabat sebaiknya jangan misah-misah deh, repot nanti nyasar, saking luasnya. Dubai Mall ini sudah dinobatkan sebagai salah satu mall terbesar di dunia. Butik-butik merk ternama dunia semua ada disini. Jika kamu senang/gila belanja, datanglah saat Dubai Shopping Festival, informasi yang saya dapat banjir diskon untuk beragam barang branded. Kalau kita kemarin sempat belanja dompet di salah satu toko disini.

20161212_115356.jpg

    The Dubai Mall memiliki luas sekitar 3.6 juta meter persegi, sebagai sebuah mal yang besar mal ini mampu menampung sampai 1.200 toko yang berjualan dan beroperasi di dalamnya. Jumlah pengunjung yang datang pun sungguh fantastis yaitu sekitar 30 juta pengunjung datang setiap tahunnya untuk menikmati dan menjelajahi keindahan dan kemegahan dari mal ini. Luasnya mal ini, sampai-sampai pengunjung tidak bisa mengunjungi setiap bagian dan tujuan di mall ini hanya dalam waktu beberapa hari.  haha…serius.. Saya waktu itu tidak sampe seperempat lokasinya yang terkunjungi saat disini, mengingat waktu juga. Sebagai mal multifungsi dan pusat perbelanjaan, mal ini memiliki berbagai kelengkapan untuk mengakomodasi semua kebutuhan pengunjung dari berbagai segmen umur seperti area bermaian anak-anak, arena remaja dan dewasa serta tidak lupa klinik kesehatan.

DUBAI MALL.jpg

Terdapat berbagai tempat menarik di dalam The Dubai Mall yang menjadi favorit, diantaranya adalah Dubai Aquarium and Underwater Zoo, ini merupakan salah satu akuarium terbesar di dunia, Akurium bisa terlihat dari salah satu dinding yang terdapat dalam Mall dengan gratis namun jika ingin mendapatkan pengalaman yang lebih menarik maka pengunjung dapat memasuki terowongan akuarium dengan dikenakan tarif tertentu. Di akuarium ini hidup sekurangnya 33 ribu hewan laut, sebuah pemandangan yang indah dan menakjubkan dari akuarium bawah laut tanpa Anda harus meninggalkan keinginan dan hasrat berbelanja.

AQUARIUM RAKSASA, DUBAI MALL.jpg
Aquarium raksasa, mall Dubai.

Fasilitas kedua yang wajib untuk dikunjungi adalah Dubai Ice Rink, yakni sebuah arena ice skating yang sangat luas. Arena ice skating ini sudah menyamai standar lapangan ice skating olimpiade baik dari hal luas maupun ketebalan esnya yang setebal 1,5 inci, arena ini juga sangat ramai karena merupakan arena ice skating pertama yang memenuhi standar olimpiade di Timur Tengah. Tempat menarik ketiga adalah Oasis Fountain Waterfall merupakan air terjun buatan yang memiliki tinggi 24 meter, air terjun ini merupakan air terjun terbesar di dunia yang berada dalam sebuah mall. Untuk mengunjungi dan melihat air terjun megah ini maka bisa melihatnya di bagian mal yang menyediakan kafe dan restoran. Selain itu, Candylicious adalah tempat lainnya yang tidak kalah menarik karena tempat ini merupakan tempat penjualan manisan terbesar di dunia, berbagai macam permen, coklat, manisan dan makanan lezat manis lainnya dijajakan dengan warna-warni yang mencolok dan rapi. Pokoknya kalau di Dubai semuanya Ter deh,,,haha..

 

9. EMIRATES MALL

Mall ini tidak kalah besarnya. Siap-siap gempor juga kalau mau main kesini.

emirates mall, jejak kaki franky

Mall ini merupakan sebuah pusat perbelanjaan di DubaiUni Emirat Arab. Mall ini dikelola oleh Majid Al Futtaim (MAF Holding) dan masih menjadi pusat perbelanjaan terbesar di Timur Tengah, Mall of the Emirates berisi sekitar 2.4 juta ft² pertokoan dan seluruh area mall memiliki luas sekitar 6.5 juta ft². Secara perspektif global, pusat perbelanjaan terbesar di dunia, South China Mall di DongguanRRC, berisi sekitar 7.1 juta ft² pertokoan dalam sebuah komplek seluas 9.6 juta ft² [1]. Sementara, Mall of the Emirates menyediakan fitur biasa yang digunakan seperti mall-mall lainnya (sebuah teater 14 layar, sebuah arena permainan, berbagai macam pertokoan, dan sebuah teater dramatikal), pengklaiman besar yang terkenalnya yaitu arena ski indoor pertama di Timur Tengah, Ski Dubai. Dengan arena ski tersebut, salah satu yang terbesar di dunia, Mall of the Emirates sengaja membedakan dirinya dari mal-mall lain agar menjadi mall baru di Dubai dan emirat lainnya.

Sekian dulu catatan jejak kaki Franky selama di Dubai, semoga berkenan ya.

 

Ini adalah vlog dan cuplikan video saya bersama istri selama di Dubai, Enjoy…

Tinggalkan Balasan

Isikan data di bawah atau klik salah satu ikon untuk log in:

Logo WordPress.com

You are commenting using your WordPress.com account. Logout /  Ubah )

Foto Google

You are commenting using your Google account. Logout /  Ubah )

Gambar Twitter

You are commenting using your Twitter account. Logout /  Ubah )

Foto Facebook

You are commenting using your Facebook account. Logout /  Ubah )

Connecting to %s