jejakaki

MEMUKAU, PARADE KEMBANG API SAAT PERGANTIAN TAHUN BARU 2019 DI SYDNEY

“Jejak Kaki Franky”

Malam tahun baru di Sydney, benar-benar memukau ribuan orang yang berkumpul di sekitar pelabuhan, dengan tampilan kembang api, selama 12 menit mulai dari tengah malam. Video ini Saya ambil live di area Circular Quay, Sydney. Walau Baju basah-basah akibat hujan deras di sore harinya, tidak membuat semangat pudar untuk menunggu klimaks pergantian tahun di Sydney.

Sebelum pertunjukan kembang api keluarga dimulai pada pukul 22.00, Sydney Harbour menjadi tempat digelarnya beragam aktivitas dan hiburan pembuka pertunjukan. Semarak perayaan tahun lalu meliputi pesawat akrobatik, demonstrasi semburan air dari perahu pemadam kebakaran saat matahari terbenam, dan upacara pengasapan tradisional suku Aborigin serta penduduk Pulau Torres Trait menggunakan asap eukaliptus guna membersihkan pelabuhan dari energi negatif. Banyak jalanan di sekitar kota yang akan ditutup selama acara berlangsung. Oleh karena itu, cara terbaik untuk bepergian ke dan dari pusat kota ialah dengan bus, kereta api, kapal feri, atau trem cepat. Saya sendiri berangkat dari hotel yang jaraknya cukup jauh dari Sydney (Hotel Mercure di Paramatta) menggunakan kereta Api.

Sejumlah titik pandang di sekitar tepi pantai Sydney Harbour menghadirkan pemandangan kembang api fantastis. Anda dapat mengakses sejumlah titik pandang tersebut secara gratis, tetapi beberapa area dikhususkan bagi pemegang tiket, dan Anda harus membelinya jauh-jauh hari. Untuk menikmati aksi tersebut dari lokasi terbaik, dapatkan tempat di Sydney Opera House, jalan tepi pantai Circular Quay, atau Mrs Macquaries Point di The Domain. Atau, dari sisi utara jembatan, bertolaklah ke Mary Booth Reserve di Kirribilli ataupun Blues Point Reserve di McMahons Point. Taman tepi pelabuhan Bangaroo Reserve adalah salah satu tempat paling meriah pada Malam Tahun Baru dengan 12.000 tiket yang siap dibeli (tiket dewasa AUD$29,50, anak-anak AUD$5) serta menawarkan sudut pemandangan Sydney Harbour Bridge dan sekitarnya yang benar-benar berbeda.

Langit seluruh Australia menyala ketika berton-ton kembang api meledak  saat memasuki tahun baru. Parade Kembang Api di Sydney ini benar-benar membuat takjub,  dengan menampilkan efek kembang api baru, tampilan jembatan yang lebih terang serta bahan peledak 500 kg lebih banyak dari tahun sebelumnya.

Warna limau dan buah persik merupakan tambahan baru pada roda warna piroteknik, sementara desain “efek gelombang” yang baru memberi kesan warna emas telapak tangan. Coathanger yang terkenal itu dihiasi dengan 1000 efek pencahayaan tambahan dan dinyalakan hingga jam 1 dini hari sementara Opera House mengeluarkan lebih dari 800 tembakan kembang api dari layarnya.

Pengalaman ini benar-benar tidak akan terlupakan, menyaksikan perayaan tahun baru bersama istri dan anak di negara lain plus di guyur hujan hingga badan basah kuyub. Kami cukup beruntung dengan membawa sweater dan baju ganti, kalau tidak mungkin kita akan lebih memilih balik lagi pulang ke hotel karena tidak mau ambil resiko anak demam dan sakit. Sayangnya cuma bawa payung satu, jadi cuma bisa memayungi anak saja, hahaha…

Sekian dulu cerita  singkat dari saya saat merasakan pengalaman baru, merayakan pergantian tahun di negeri Australia, semoga temen-temen semua terhibur.

Tinggalkan Balasan

Isikan data di bawah atau klik salah satu ikon untuk log in:

Logo WordPress.com

You are commenting using your WordPress.com account. Logout /  Ubah )

Foto Google+

You are commenting using your Google+ account. Logout /  Ubah )

Gambar Twitter

You are commenting using your Twitter account. Logout /  Ubah )

Foto Facebook

You are commenting using your Facebook account. Logout /  Ubah )

Connecting to %s